Circle Positif, Apa ciri - cirinya?

 Tanda Jika Pertemanan Kamu Termasuk Positif

(part 1)



Seringkali kita mendengar ungkapan circle baik di media sosial maupun kehidupan sehari-hari, kata circle merujuk pada lingkaran pertemanan atau biasa disebut (kelompok/geng). Tanpa disadari, seseorang akan membentuk lingkaran pertemanan baik di lingkungan rumah, sekolah, kerja, dll, lingkaran pertemanan juga bisa trbentuk dari kegemaran yang sama (hobi). Hal ini wajar karena memang sifat dasar manusia yang membutuhkan manusia lain, sehungga seseorang membutuhkan orang lain untuk berinteraksi sosial.

Lingkaran pertemanan akan bertahan lama tergantung dari banyaknya kesamaan dan kecocokan antara satu dengan yang lainnya, hal ini akan terseleksi dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, sehingga apabila seorang teman bertahan sampai akhir pantaslah disebut bestfriend.

Pertemanan yang positif akan berdampak baik bagi kehidupan kita,baik dalam kesehatan mental ataupun masa depan kita. Tak jarang, banyak yang selektif dalam memilih pertemanan, karena sejatinya teman akan membawa pengaruh dalam hal positif maupun negatif dalam kehidupan kita, bahkan berdampak pada masa depan kita, maka "berhati-hatilah memilih kawan," pepatah yang sangat relevan bagi kehidupan kita. 

Tapi taukah kamu ciri-ciri pertemanan yang positif itu? karena tidak sedikit orang akan terjerat di lingkungan pertemanan yang toxic, seperti contoh seseorang tergabung group What's App alumni sekolah ia dahulu, akan tetapi dalam pembahasan group berisikan saling menyombongkan diri dan saling menjatuhkan walaupun bercanda dan apabila ini berdampak buruk terhadap kesehatan mentalmu maka lebih baik left group. Hal ini dibenarkan, bukan sebagai bentuk memutus tali silaturahmi akan tetapi sebagai upaya menyelamatkan kesehatan mental dari group yang toxic. ini hanya contoh saja, karena dalam kehidupan sehari-hari masih banyak orang-orang yang berkedok teman tapi ternyata berpengaruh buruk (toxic) dan menyebabkan kita mengalami kerugian baik waktu, materi bahkan perasaan.

Bagaimana kita mengetahui pertemanan kita positif? berikut tanda-tandanya :

1. Care

Pertemanan yang sehat salah satunya memiliki rasa care (peduli) satu sama lain, karena rasa peduli sangat dibutuhkan dalam pertemanan, dan rasa care ini harus dimiliki setiap individu dalam lingkaran pertemanan tersebut, tidak boleh ada salah satu saja (sepihak). Rasa peduli sebagai salah satu pondasi dasar menjalin hubungan pertemanan yang positif, rasa peduli akan berkembang menjadi empati. senang bukan kalau kita memiliki lingkungan teman yang peduli dengan kita? kita akan merasa disayang dan ada yang mau mendengar keluh kesah kita pastinya, "tapi jangan sampai kita saja yang menutut untuk dipedulihkan, sedangkan kita acuh, harus seling mengisi dan memahami ya bestie".  

2. Share

Salah satu tanda kedua yakni share (berbagi), pertemanan yang baik pastinya tidak lepas dari kata saling berbagi, baik susah maupun senang, jadi jangan dianggap berbagi hanya dalam bentuk susah saja, ketika senang pun kita harus berbagi, jika diantara temanmu ketika susah saja mencarimu, maka itu salah satu tanda bahwa pertemananmu adalah toxic, karena ketika seseorang mendapatkan kesusahan dan kemudian bercerita, ia akan mentransfer rasa beban atau hal negatif lainnya, maka tak jarang yang mendengarkan ikut terbebani, merasa belum bisa membantu dan terfikirkan masalah yang dilalui temannya, sedangkan ketika bahagia ia akan mencari teman yang lainnya. Meskipun ini hanya contoh tapi hal tersebut tidak dibenarkan dalam pertemanan. Rasa saling berbagi sangat mengutungkan apabila kamu dalam lingkungan pertemanan yang positif, contoh saja berbagi pengalaman dan pengetahuan sesama komunitas, ini akan berdampak baik bagi masa depan kita dalam menentukan mimpi ataupun target hidup, dengan melihat pengalaman orang lain.

3. Support

Teman yang baik salah satu tandanya adalah saling support (mendukung), pastinya dalam ranah positif, ia senantiasa saling mengingatkan dikala temannya berbuat salah atau menyimpang. saling mendukung sangat diperlukan dalam pertemanan, karena banyak orang yang membutuhkan dukungan apabila ia merasa down atau dalam pengambilan kepuitusan yang sangat berarti dalam kehidupannya. Circle positif akan menjadi support system terbaik setelah keluaga kita.

4. Respect

Respect atau bisa disebut saling menghormati, adalah rasa yang paling dibutuhkan dalam pertemanan, saling menghormati setiap keputusan, perbedaan pendapat bahkan masalah kecil yang dihadapi setiap pertemanan, karena intensitas bertemu akan menimbulkan gesekan masalah, sehingga saling menghormati adalah kunci keharmonisan pertemanan, karena rasa menghormati bisa berkembang menjadi saling memaafkan dan menerima pendapat yang lain.

Mungkin, masih banyak tanda-tanda jika pertemanan kamu termasuk dalam kategori circle positif, tulisan ini hanya sebagai referensi dan banyak juga artikel yang bisa kamu baca untuk memperbanyak referensimu,  semoga tulisan ini membantu dan bermanfaat. terimakasih. 



About Nur Afifah

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Circle Positif, Apa ciri - cirinya?