Tips dan Trik Menyusun Buku Secara Sistematis

 


Judul.             : Tips dan Trik Menyusun Buku Secara Sistematis

Resume Ke    : 18

Gelombang     : 20

Tanggal           : 20 Agustus 2021

Tema               : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber     : Bpk. Yulius Patandean, S.Pd

 السلام عليكم و رحمة الله و بركة

Hi, Readers.

Waktu begitu cepat berlalu, tak terasa semakin dekat pelatihan ini akan selesai, teringat awal mula menulis resume pertama, masih terngiang bagaimana kebingungannya untuk menulis resume yang baik, 

Semuanya kan berlalu dan tidak dapat diputar kembali, tulisan yang terpublikasi yang akan menjadi saksi, sungguhlah bijak jika menulis bisa menjadi sarana mengikat momen langkah, karena tulisan bisa menjadi bukti nyata.

Ahli sejarah pun mengakui, jika sebuah tulisan akan menjadi bukti sejarah, banyak pula sumber sejarah yang berbentuk peninggalan berupa tulisan. 

Indonesia dapat diketahui berkat tulisan dari para penjelajah dunia dan juga ukiran-ukiran tulisan Arab yang menjadi bukti nyata. Begitu juga dengan sejarah Kerajaaan-kerajaan Indonesia dapat diketahui berkat adanya tulisan juga. Seandainya tidak ada tulisan yang diukir dalam prasasti, sejarah negara kita tidak akan pernah diketahui.

Ini membuktikan bahwa menulis adalah kegiatan yang penting, lewat tulisan seseorang bisa menyampaikan pendapatnya, lewat tulisan pula seseorang bisa merubah dunia.

Menulis, meskipun semudah menggoreskan tinta tapi sulit jika tidak ada ilmunya.

Untuk itu belajar menulis bareng Om Jay adalah pilihan tepat, kadang merasa menyesal, "mengapa ikut gelombang 20 bukan pertama saja!" 

Puji syukur alhamdulillah, diberikan istiqomah dalam menulis dan tak terasa tinggal beberapa resume lagi, pelatihan ini selesai. 

Oleh sebab itu, pelatihan kali ini tak kalah pentingnya dengan pelatihan sebelumnya.

Pemateri yang asli dari Tanah Toraja yakni Bpk.Yulius Patandean, S.Pd atau dikenal dengan sebutan "Bang Roma" akan membagikan ilmunya untuk kita semua. Berikut profil beliau klik disini, beliau juga aktif dalam YouTube berikut chanel beliau klik disini.

Materi kali ini mengenahi Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis, materi yang sangat bagus untuk disimak karena dari materi ini kita bisa mengetahui Tips dan Trik Menyusun Buku Secara Sistematis.

Langkah 1. Cara Membuat Judul, Bab, dan Sub Judul Tulisan pada Buku Secara Otomatis.


Cara mengedit/membuat judul dan sub judul otomatis pada naskah tulisan buku. Cara ini bisa juga diaplikasikan pada tulisan-tulisan lainnya seperti makalah, artikel, skripsi, tesis dan disertasi.
  • Merapikan judul dan subjudul di daftar isi dengan menggunakan Ms. Word secara otomatis

  1. Siapkan naskah yang ingin dirapikan dalam bentuk word
  2. Jika ingin lansung memakai format A5 maka klik page layout > pili size A5. Untuk Margin tulisan disesuaikan dengan kebutuhan menulis
  3.  Sesudah halaman sampul, terdap judul pertama kata pengatar, untuk menjadikan kata pengantar ini rapih maka block pada judul kata pengantar > Klik menu Home > pilih Heading 1 > rata tengah > Size 14 > Ubah warna menjadi hitam.
  4. Kemudian dilanjutkan judul kedua prakata, ulangi langkah diatas
  5. lanjut daftar isi, ulangi langkah yang sama pula, akan tepi dalam isian daftar isi kita kosongi terlebih dahulu karena natinya akan secara otomatis terisi jika langkah terakhir selesai,
  6. Memasuki Bab I dengan subjudul, maka Bab I menggunakan Heading 1, subjudul (1.1) menggunakan Heading 2, sedangkan subjudul (1.1.1) selanjutnya heading 3. lanjutkan langkah ini hingga bab terakhir.
  7.  untuk memasukkan semua judul dan subjudul kedalam daftar isi secara otomatis tanpa melihat halaman yang sangat menyulitkan, maka arahkan kursor di bawah daftar isi > klik menu references > buka table of content > pilih yang sesuai. 

Secara otomatis akan muncul judul dan subsudul yang kita inginkan, tinggal mengganti format cambria, size dan warna hitam.

langkah 2.  Cara Membuat Indeks Pada Tulisan Berbentuk Buku

 

 Sumber : Channel Bang Rhoma

Indeks tulisan pada karya berbentuk buku juga penting. Dalam video singkat ini dipaparkan cara sederhana membuat indeks.

  • langkah-langkah membuat indeks
    1. ketik indeks pada lembaran kosong pada naskah kita
    2. carilah istilah-istilah yang mendukung tulisan kita
    3. block tulisan tersebut kemudian klik references pada menu word > mark entry > pilih mark > close.
    4.  jika tampilan dalam word berubah, tidak perlu khawatir, diselesaikan terlebih dahulu semu yang akan dimasukkan ke indeks
    5. untuk mengubah klik menu home > Show hide,  maka akan normal kembali
    6. kembali ke halaman indeks > klik references > insert indeks > pilih clasic > maka akan muncul pilihan kata yang sudah di block tadi.
langkah 3. Cara Membuat Daftar Isi, Kutipan, Indeks dan Daftar Pustaka Otomatis




Panduan sederhana membuat daftar isi, kutipan, indeks dan daftar pustaka secara otomatis di Ms Word.
  • langkah-langkahnya adalah
    1. Buat kerangka tulisan naskah yang ingin dirapikan dari judul hingga daftar isi
    2. Setiap judul yang ingin dirapikan klik heading 1 dan untuk sub bab klik heading 2 dan seterusnya, gunanya mempermudah dalam pemasukan ke daftar isi
    3. jangan lupa untuk mengatur judul dengan rata tengah > klik cambria (option) > ubah warna hitam > atur size
    4. untuk mengatur nomor halaman setiap judul klik page number > pilih sesuai keinginan.
    5. untuk membedakan nomor halaman dari romawi dengan angka maka klil halaman Bab I > pilih layout > breaks > secsion break > next page. kemudian insert page number lagi.
    6. untuk membuat kutipan yang nantinya akan dimasukkan dalam daftar pustaka maka klik references > untuk style pilih APA sixth edition > klik manage sources > new > book > author (isi penulis buku) > title (isi judul buku) > year (isi tahun terbit) > city (isi kota penerbit > publisher (isi penerbit) > ok > close.
    7. jika ingin masuk dalam catatan perut tinggal klik insert citation
    8. jika masuk halaman daftar pustaka > pilih references > bibliogragi, akan muncul dalam daftar pustaka tinggal dirapikan font dan ratanya
    9. begitu pula jika tulisan dikutip dari website atau jurnal maka ulangi cara di atas, type of sorces diganti dengan web site. Bedanya dengan memasukkan URL nya.
    10. untuk indeks ikuti langkah 2.
Apabila langkah tersaji dirasa sulit karena tidak terpampang contoh, untuk mempermudah silahkan klik link berikut Roma Patandean, jangan lupa untuk follow, like dan subscibe sebagai apresiasi supaya lebih aktif membagikan ilmunya.

"Yakinlah dengan kualitas naskah buku yang telah disiapkan, Bagaimana pun sederhananya naskah tulisan kita, ia akan memiliki tempat tersendiri di hati pembacanya. Hindari rasa minder, bahwa naskahnya tidak baik. Pegang prinsip, naskah buku yang ada sangat baik untuk diterbitkan. Dengan demikian, akan ada rasa percaya diri dan kepuasan dalam melakukan pengeditan dan penyusunan naskah buku yang sistematis"~ pesan Bang Rhoma untuk kita


ولسلام عليكم و رحمة الله و بركة

About Nur Afifah

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

5 comments :

Entri yang Diunggulkan

Circle Positif, Apa ciri - cirinya?